HRD adalah sosok tegas yang ditakuti oleh semua karyawan, apakah kalian setuju dengan pandangan tersebut? 

Sebenarnya tegas dan ditakuti bukan hal yang salah, bahkan sangat diperlukan untuk mengatasi karyawan - karyawan yang kurang kooperatif atau bahkan cenderung melanggar aturan.

Tapi kemudian pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan karyawan super baik, sopan, kooperatif dan masih banyak hal positif lainnya. Masih perlukah HRD bersikap seperti itu?

Tentu jawabannya adalah tidak, makin kesini dengan dominasi karyawan generasi milenial sepertinya hal tersebut sudah kurang relevan lagi ya. HRD bukanlah lagi sosok kaku, tegas dan ditakuti karyawannya melainkan sebaliknya sosok yang mampu agile dengan segala situasi dan kondisi yang terjadi, hadir secara penuh untuk semua karyawannya hingga tercipta suasana dan budaya kerja yang hangat dan harmonis. 

Nah, apa saja sih sikap yang perlu HRD kekinian miliki agar dapat menciptakan suasana dan budaya kerja positif tersebut? Berikut adalah 4 sikap utama yang harus dimiliki HRD kekinian : 


1. Agility
        Mampu berpikir dan bersikap adaptif dengan segala situasi dan kondisi yang ada. Sebagai contoh dengan bergesernya tren digitalisasi dari beberapa fungsi HR, kalian mau secara positif belajar hal baru dan mengaplikasikannya untuk kemajuan perusahaan

2. Empathy
        Membiasakan diri untuk menjadi pribadi HRD yang mau dan mampu mendengarkan permasalahan yang terjadi pada karyawan, dalam hal ini bukan hanya sekedar mendengar ya, tapi mendengarkan hingga pada akhirnya mampu memahami permasalahan yang terjadi. Ketika kalian sudah memahami dengan baik permasalah tersebut maka akan lebih mudah untuk kalian membantu memberikan trouble shooting atau bahkan problem solving pada masalah tersebut

3. Interpersonal Skill
        Mampu diterima dengan baik oleh semua pihak di perusahaan adalah hal yang sangat penting oleh HRD. Posisi yang berada di tengah - tengah antara manajemen karyawan menuntut kalian untuk mampu bersikap sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan sehingga pihak lain merasa nyaman dengan keberadaan kalian. Inilah yang disebut sebagai interpersonal skill sebagai seorang HRD

4. Service Excellence
        Apa sih service excellence itu? Sikap atau perilaku dimana kita memberikan atau menjalankan sebuah aktivitas dengan sepenuh hati dan kemampuan, sehingga hasilnya diatas dari ekspektasi atau harapan customer kita. Eh tapi ini kan HRD, kok bahas customer?, jawabannya adalah bahwa semua orang yang berkaitan dengan pekerjaan kita (next process) adalah customer kita. Ketika HRD mendedikasikan dirinya untuk mampu fokus pada apa bukan fokus pada siapa, semua customer (sebagai contoh karyawan dan calon karyawan akan merasa nyaman dan dihargai.

Demikian 4 poin penjabaran diatas, jadi gimana? Masih banyak yang mau jadi HRD versi kekinian ?