Pernah dengan "Effective Communication"?

Mudahnya jika kita menyampaikan A, lawan bicara akan mendapatkan informasi A, bukan A+ atau A-

Mudah ya konsepnya? Tapi apakah di lapangan mudah? jawabannya belum tentu.


Apa yang terjadi jika kita tidak mampu menerapkan komunikasi yang efektif? yang paling mungkin terjadi adalah missed communication atau kesalahpahaman atas informasi yang disampaikan, jika salah paham akhirnya mudah terjadi konflik dan komunikasi harmonis dalam sulit untuk tercapai.

Rumus wajib "Effective Communication" adalah sampaikan informasi secara singkat dan jelas dan ulangi maksimal 3 kali ke lawan bicara untuk memastikan dia menerima informasi dengan benar, tapi bukan hanya itu, kunci utamanya juga ada pada pendengar (sebagai penerima informasi) WAJIB untuk "mendengarkan" dengan baik bukan hanya sekedar "mendengar" saja. 

Jadi jika kamu sedang merasakan hubungan yang kurang baik dengan pihak lain, teman , keluarga, pacar, suami dan istri atau mungkin di kantor dengan rekan kerja misal, atau pimpinan dan tim kamu, coba cek apakah komunikasi yang kalian bangun sudah efektif atau belum ya! 

Ingat ya, kuncinya adalah keinginan dan kesabaran dua belah pihak untuk berkomunikasi dengan baik, menyampaikan dengan baik pun menerima (mendengarkan) dengan baik, berarti usahakan tidak mengandung unsur emosi cenderung kesal atau marah ya hehe

Yuk bangun budaya komunikasi yang efektif, believe me kehidupan kalian akan terasa lebih harmonis.