Ada banyak tipe perusahaan yang saya temui selama saya bekerja sebagai HR, tipe perusahaan ini saya bagi berdasarkan fokus penerapan People Development di dalam perusahaan.


  • Tipe 1

    Perusahaan yang sangat fokus dengan People Development, bisnis dan profit sedang sangat bagus maupun sedang struggling, Pengembangan dan Pelatihan tetap WAJIB dilakukan. Karena bagi perusahaan Tipe 1 ini, bisnis akan naik turun dalam perjalanannya, dalam posisi turun karyawan lah yang mampu bersinergi mengembalikan ke posisi stabil, jadi development adalah hal WAJIB yang perlu dilakukan.


  • Tipe 2

    Perusahaan yang cukup fokus dengan pengembangan, namun penerapannya hanya ada dan terlihat saat kondisi perusahaan sedang baik, jika sedang kurang baik budget People Development menjadi sesuatu yang masuk dalam list Cost Reduction Program. Dalam hal ini perusahaan cukup realistis bahwa untuk bertahan ada pos pos pengeluaran uang yang harus di hold sementara, dalam hal ini salah satunya cost pelatihan dan pengembangan .


  • Tipe 3

    Perusahaan yang berjalan tanpa fokus pada People Development, semua karyawan cukup bekerja saja sebagai feedback dari Salary yang diberikan, sehingga dalam kondisi keuangan baik maupun tidak, aktivitas People Development tidak dilakukan.


    Dari pengalaman yang saya dapatkan, Karyawan dengan perusahaan Tipe 1 cenderung memiliki engagement yang baik dan loyal terhadap perusahaan, merasa dianggap menjadi bagian dan perusahaan yang sangat diharapkan kontribusinya dan selalu di support untuk mencapai hal tersebut. Karyawan perusahaan Tipe 2 cenderung memiliki loyalitas cukup baik, dan melihat perusahaan cukup realistis dengan konsep susah senang dilewati bersama, dan karyawan perusahaan Tipe. 3 cenderung menunjukan sikap kerja, kerja dan kerja, bekerja karena memang simbiosis mutualisme dari gaji yang diberikan oleh perusahaan, bagaimana dengan engagement dan loyalitasnya ? karyawan di perusahaan tipe 3 ini cenderung stay jika tidak ada pilihan, namun jika ada peluang sedikit lebih baik di tempat lain, akan segera move.


Jadi gimana dengan perusahaan tempat kalian bekerja sekarang ? ada di tipe perusahaan yang keberapa ?