Tiga Hal Utama yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan training activity plan adalah : Budget Perusahaan, pengadaan Internal atau Eksternal Training serta Pengadaan training akan diadakan  secara offline atau online.

  • Budget Perusahaan,
    Perencaan training yang baik dan relevan akan mempertimbangkan segi cost atau budget perusahaan. Sekalipun Anda sudah sangat sistematis dalam membuat sebuah perencanaan training, namun jika Analisa biaya, cost atau budget perusahaan tidak dilakukan dengan baik, akan cukup sulit biasanya untuk manajemen dapat memberikan approval pada perencanaan training tersebut. Karena bagaimanapun cashflow adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan, terlebih dalam keadaan pandemic saat ini, budget pengeluaran perusahaan menjadi lebih dipertimbangkan

  • Pengadaan Internal atau Eksternal training
    Dalam perencanaan training, perencanaan ini tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Apakah training tersebut individu atau klasikal juga dapat mempengaruhi pemilihan internal atau eksternal training. Poin ini akan berkaitan dengan banyak hal dalam tahap persiapan training, seperti pemilihan trainer internal jika training akan diadakan di dalam perusahaan, atau pemilihan vendor yang sesuai dengan kebutuhan training jika yang dipilih adalah pengadaan training di luar perusahaan. Dalam kondisi pandemic ini pemilihan lokasi dan kapasitas ruangan training cukup perlu dipertimbangkan.

  • Pengadaan training secara offline atau online
    Dalam kondisi pandemic saat ini, faktanya terjadi pergeseran budaya pengadaan training yang mulai berubah. Offline training yang sebelumnya tetap menjadi pilihan utama karena dianggap lebih efektif, dikarenakan terdapat komunikasi tatap muka langsung dalam ruangan training. Kemudian bergeser dengan tren webinar yang dianggap lebih aman dan praktis dalam keadaan pandemic saat ini. Poin tersebut juga tentunya menjadi pertimbangan besar Anda dalam merencanakan sebuah training atau membuat training activity plan. Analisa dengan komprehensif training apa saja yang memungkinkan  untuk dilakukan secara offline ataupun online sebelum Anda membuat training activity plan.