Dalam proses interview kerja, hal yang sangat mungkin terjadi seorang HRD menanyakan kepada kamu perihal gaji yang kamu harapkan. Dalam proses interview yang berjalan, bisa saja tiba – tiba HRD bertanya, jadi kira – kira berapa gaji yang kamu harapkan ? atau mudahnya, jadi mau gaji berapa ?. Nah dalam keadaan ini, tidak sedikit dari kalian para job seeker akan menjadi bingung dan bertanya – tanya kira – kira gaji berapa ya yang pas untuk saya ? apalagi jika kamu adalah fresh graduate yang belum memiliki pengalaman sama sekali.

So, apa yang harus kamu jawab ? angka yang besar dan fantastis supaya bisa dapet gaji besar atau ada angka yang perlu kamu tentukan secara bijak dan reasonable ?

Oke, kita bahas ya satu persatu terkait dengan alternatif jawaban apa saja yang mungkin bisa kamu jawab kepada HRD :

  1. Untuk gaji yang saya harapkan sudah saya tuliskan pada form lamaran kerja, untuk angka tersebut masih negotiable sesuai dengan standart gaji yang perusahaan miliki. 

    Jawaban tersebut dapat kamu berikan, jika pada form lamaran kerja yang diberikan perusahaan sudah menanyakan gaji yang kamu harapkan, dan pastikan kamu sudah mengisinya ya.
    Untuk kata 
    – kata  negotiable sebenarnya sebagai bentuk pernyataan kamu masih cukup flexible dengan penawaran gaji yang diberikan perusahaan, apalagi kamu fresh graduate (tapi pastikan kamu sudah         benar-benar mempertimbangkan batas bawah dari gaji yang kamu harapkan ya)


  2. Untuk gaji yang saya harapkan adalah Rp………………., untuk angka tersebut masih negotiable sesuai dengan dengan standart gaji yang perusahaan miliki.

    Jawaban tersebut dapat kamu berikan jika kamu merasa belum menuliskan harapan gaji kamu ketika bekerja di perusahaan tersebut (dengan kata lain tidak ada pada form lamaran kerja). Nah untuk negotiable penjelasannya sama dengan poin. 1 ya

Intinya dari dua versi jawaban di atas, poin poin yang perlu kamu perhatikan adalah :

  1. Penentuan Angka gaji yang reasonable
  2. Terdapat bahasa negotiable yang membuat perusahaan lebih flexible untuk melakukan offering gaji kepada kamu.

2.        Kurang lebih itu penjelasannya untuk kalian semua ya, semoga udah nggak ada yang bingung – bingung atau galau lagi deh ditanya “Mau Gaji Berapa” hehe. By the way kalau kalian mau tahu “Cara Penentuan Gaji yang Reasonable” bisa melihat pada postingan selanjutnya ya hehe