Dalam proses interview kerja, banyak hal yang jadi penilaian HRD ke kamu, dari sekian banyak penilaian itu ada 5 hal yang perlu banget kamu perhatikan dan hindari ya, karena kalau nggak proses interview bisa berakhir tidak sesuai harapan kamu alias gagal.

Apa saja sih 5 hal tersebut? Yuk kita bahas satu persatu ya :
  1. Datang terlambat saat proses interview kerja berlangsung - Keterlambatan adalah salah satu hal WAJIB banget untuk kamu hindari, undangan interview yang diberikan oleh HRD pasti sudah menulis secara jelas untuk jam atau schedule interview kamu. Pastikan kamu datang tepat waktu atau lebih baik lagi 30 menit sebelum interview berlangsung. Datang lebih awal memberikan dampak yang positif terhadap 1st impression kamu di mata HRD.
  2. Dokumen kelengkapan interview tidak dibawa - Dalam undangan interview, biasanya HRD sudah menuliskan terkait dokumen apa saja yang perlu dibawa. Pastikan kamu membawa lengkap semua dokumen tersebut ya, karena dokumen tersebut sangat amat diperlukan untuk proses interview kerja kamu. Salah satu fungsi dari interview kerja adalah memvalidasi dokumen dokumen yang kamu miliki dengan aktual. So, pastikan kamu membawa semua file tersebut ya!
  3. Sama sekali tidak memahami isi CV yang telah kamu buat - CV atau Curiculum Vitae adalah rangkuman informasi penting mengenai diri kamu yang HRD perlu ketahui. Jika semua informasi tersebut berkaitan dengan diri kamu, sudah seharusnya kamu menguasai hal tersebut. Namun aktualnya sangat disayangkan masih banyak job seeker, terutama fresh graduate yang kebingungan atau bahkan tidak bisa menjawab jika HRD sedang bertanya perihal CV tersebut. Jadi, pastikan kamu benar benar membuat CV kamu sendiri ya, agar kamu lebih menguasainya.
  4. Banyak ditemukan jawaban yang tidak sinkron atau tidak sesuai dengan isi CV atau dokumen kamu - Menuliskan banyak hal baik dan menarik di CV kamu adalah hal yang sah - sah saja, dan memang sewajarnya seperti itu. Tapi perlu diingat dan digarisbawahi bahwa semua hal yang kamu tuliskan itu benar adanya, bukan sesuatu yang dibuat buat atau tidak benar. Ketika kamu banyak menuliskan sesuatu yang tidak sesuai dengan faktanya, disaat itulah HRD akan menemukan banyaknya jawaban yang tidak konsisten dari kamu. Jadi pastikan kamu menuliskan hal yang sesuai dengan fakta ya!
  5. Sibuk menanyakan terkait Compensation & Benefit yang didapatkan saat inteview kerja berlangsung - Gaji dan hal - hal lain yang menyangkut compensation and benefit pasti sangat menarik untuk kamu ketahui, hanya saja perlu kamu ingat bahwa ada waktu yang sangat tepat untuk bertanya terkait hal ini. Kapan saja waktu yang tepat untuk membahas hal ini? Salah satunya adalah ketika HRD bertanya akan hal ini ke kamu, semisal kamu berharap gaji berapa? (Cara menjawabnya ada di podcast....) untuk yang lainnya akan kita bahas pada materi selanjutnya ! Hehe

Semoga bermanfaat & Goodluck !