Komunikasi adalah hal pokok yang dilakukan setiap harinya, aktivitas berkomunikasi ini dapat dilakukan baik dengan keluarga di rumah, teman, komunitas, rekan kerja dan rekan bisnis dan masih banyak lagi. Dalam berkomunikasi kita dihadapkan dengan berbagai generasi yang ada, diantaranya yaitu Baby Boomers, X, Y, Millenials. Dan yang paling mendominasi disebuah perusahaan atau organisasi  umumnya sekarang adalah generasi Y. Terkadang berkomunikasi dengan generasi Y bagi para Baby Boomers dan X adalah hal yang gampang-gampang susah. Nah dari hal tersebut lah kita akan memberikan pembahasan dan  penjelasan berkomunikasi dengan generasi Y secara asertif. dengan goals akhir atau tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

    Pada umumnya komunikasi secara asertif sangat disukai oleh generasi Y. Memiliki kebebasan mengutarakan pendapat, memberikan argumentasi atau penjelasan dengan tegas namun tetap mengikuti norma - norma sopan santun, serta membuat kolaborasi yang baik sehingga tujuan ingin dicapai bisa didapatkan dengan baik. Keterbukaan dalam berkomunikasi secara asertif sangat dihargai oleh generasi Y sehingga generasi ini pun semakin termotivasi untuk memberikan sesuatu yang fresh dan semakin produktif serta maksimal dan optimal. Jika komunikasi sudah terjadi dan terdapat feedback yang diperlukan, berikan secara cepat dan jelas secara transparan. Saran-saran perbaikan untuk masa depan akan sangat berharga bagi generasi Y untuk proses self developmentnya.

    Berikut tips komunikasi asertif dengan generasi Y yang bisa diterapkan agar tujuan atau goals yang ditetapkan dapat tercapai dengan baik dan maksimal :

  • BERIKAN MEDIA ATAU FASILITAS UNTUK  DAPAT BEKERJA SAMA
    • Generasi Y memiliki kebiasaan dalam berkelompok dan umumnya mereka sudah terlatih untuk berdialog, berdebat, dan menguji logika. Ciptakanlah media kerja kelompok yang nyaman agar bisa menghasilkan kreatifitas dan inovasi baru.
  • KOMUNIKASI YANG TRANSPARAN SATU DENGAN YANG LAIN
    • Generasi Y termasuk generasi yang cukup kritis dalam melihat sesuatu hal.  Maka dari itu mereka tidak mudah menerima sesuatu begitu saja tanpa mempertanyakan sebabnya dan akibatnya yang akan terjadi. Sampaikan informasi yang ingin anda sampaikan secara jelas dan transparan. Selain itu mereka sangat ingin diberikan dan mendapatkan kesempatan untuk berbicara atau bertanya mengenai segala hal yang ada dalam pikiran mereka.
  • UPDATE TERHADAP PERGERAKAN MEDIA ATAU TEKNOLOGI, CONTOH : KOMUNIKASI
    • Dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertemu langsung, terlebih lagi dengan situasi pandemi ini, Anda bisa menggunakan platform komunikasi yang sedang polular untuk berkomunikasi dengan generasi Y. Dengan menggunakan platform tersebut maka komunikasi pun makin lancar karena generasi Y merasa antusias dan suka menggunakannya.
  • MENGAPLIKASIKAN KEADILAN PADA SETIAP AKTIVITAS
    • Generasi Y mendukung kesetaraan semua generasi. Untuk menunjang hal ini maka, pemimpin atau rekan kerja berperilaku dengan cara yang tidak memojokkan atau merendahkan. Hal ini menunjukkan bahwa anda memberikan perhatian yang tulus untuk hal yang sama.
  • POSITIVE VIBES DAN SEMANGAT DALAM BEKERJA
    • Dalam berkomunikasi, tunjukkan bahwa anda adalah pribadi positif  yang juga mampu  memberikan semangat kerja. Gunakan istilah-istilah menarik dalam mengkomunikasikan misi dan visi perusahaan dan berikan mereka suatu peran untuk mencapai tujuan karena dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan lebih berarti dalam bekerja.